ANXIETY & SELECTIVE ATTENTION

Tuesday, August 18, 2015

Image Anxiety
Sesuai dengan judul diatas anxiety & selective attention yang berarti dalam Bahasa Indonesia adalah kecemasan dan atensi selektif. Kecemasan dan selektif atensi merupakan sistem psikologis yang ada dalam diri individu. Namun, perlu diketahui bahwa antara kecemasan dan selektif atensi memiliki hubungan antara satu sama lain. Dalam makalah ini akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hubungan antara kecemasan dan selektif atensi.

Nah, kali ini saya akan berbagi makalah tugas saya selama mengikuti perkuliahan Psikologi Kognitf dan Emosi. Mata kuliah ini membahas tentang hubungan antara kecemasan dan selektif atensi serta definisi-definisi dari para ahli.

Antara kecemasan dan selektif atensi memiliki hubungan sebab akibat. Ada beberapa penelitian yang membuktikan ada hubungan timbal balik antara kecemasan dan atensi selektif. Kecemasan dapat memperkuat atensi selektif seseorang dan selektif atensi dapat juga memperkuat kecemasan (Marcel & Van Den Hout, 2001). Kecemasan sendiri adalah bagian dari emosi dalam diri individu. Jika dilihat dari informasi sebagai stimulus, maka terlihat hubungan timbal balik antara kecemasan dan selektif atensi. Hal tersebut dikarenakan adanya proses-proses kognitif dalam otak. Serta jika ditinjau dari sudut psikoanalisa, kecemasan merupakan bentuk defence mechanism yang terjadi dalam diri akibat rangsangan dari luar.

Oke untuk selengkapnya bisa di download di sini 

Sekian dulu dari saya semoga makalah ini dapat dijadikan referensi buat mahasiswa psikologi. Ingat jangan langsung main kopi paste aja yahhh!!! :D

Artikel Terkait

Previous
Next Post »